Selasa, 25 Juni 2013

Tutorial Photoshop : Memperbaiki Tampilan Langit Pada Foto Landscape (Basic)

Kadang-kadang saat memotret landscape, ada ‘kecelakaan’ kecil pada pengaturan kamera kita yang akhirnya membuat langit tampak datar. Shadow dan highlight tidak seimbang dan detil pada awan akhirnya hilang. Kamu tentu bisa memotret lagi untuk memperbaiki ini, tapi bagaimana kalau kesalahan ini baru disadari setelah kamu melihatnya di layar komputer rumah? Pada tutorial ini kita akan lihat cara yang sederhana tapi cukup efektif untuk ‘membangkitkan’ langit yang tampak datar dan membosankan.

1. Buka foto di Photoshop

original

PIlih foto yang akan kamu perbaiki tampilan langitnya. Foto diatas, seperti yang kamu lihat, kontrasnya rendah dan langit tidak menampakkan efek matahari terbit, sehingga warna hangat dan tekstur awannya tidak muncul.

2. Buat layer baru

sky1

Sekarang, di window layers, buat layer baru – otomatis akan diberi nama Layer 1.

3. Reset warna Foreground dan Background

sky2

Lalu, di Layer 1 tadi, beri gradasi lewat Gradient Tool. Sebelumnya, pastikan warna foreground dan background adalah hitam dan putih. Ini seharusnya tidak perlu diganti kalau kamu masih menggunakan pengaturan default.
4. Gradient Tool

sky3  sky4

Setelah benar warnanya, pilih Gradient Tool, dan gunakan gradasi “Foreground to transparent” seperti pada gambar diatas. Pastikan kamu menggunakan ‘Linear Gradient’. Sekarang – di Layer 1 – buat garis vertikal dari ujung atas sampai ujung bawah frame. Kamu akan mendapatkan hasil seperti ini :
 
5. Ganti Blending Mode

sky6

Tenang, fotonya belum selesai. Jadi langitnya tidak akan hitam begitu akhirnya. Sekarang, ganti Blending Mode di Layer 1 ke ‘Soft Light’. Tadaaa! Sekarang sudah benar-benar berubah. Langit lebih kontras, dan warna kuning dari matahari sudah tampak. Secara umum, langit akan lebih terang, bertekstur, dan punya kedalaman.

6. Sentuhan akhir

Sekarang tinggal satukan kedua layer lewat Layer > Flatten Image, lalu kamu bebas memberikan sentuhan akhir. Untuk foto saya, hanya diberi filter Sharpen. Begini perbandingan foto awal dan akhirnya.

finalcompare

Selesai! Mudah kan...?

SUMBER 

Ditulis Oleh : Unknown // 13.16
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar