Selasa, 25 Juni 2013

Tempat-Tempat Bagus Untuk Hunting : #1 – Surabaya

Apa kegiatan yang paling dekat dengan penghobi fotografer? Memotret, tentu saja. Dan istilah ‘hunting’ digunakan oleh semua fotografer untuk merujuk pada kegiatan ini saat ingin berjalan-jalan sambil mencari objek yang menarik. Mulai dari artikel ini, saya akan coba memberi sedikit panduan untuk para penyuka fotografi tentang tempat-tempat yang bagus untuk hunting di beberapa kota. Kita akan mulai dengan Surabaya.
Patung Suro dan Boyo

Suro+Boyo (HDR)

Kalau mengunjungi suatu tempat, biasanya ikon tempat tersebut jadi salah satu objek yang dicari. Kalau ke Surabaya dan mencari patung ikan hiu yang sedang berkelahi dengan buaya, bisa ditemui di depan Kebun Binatang Surabaya, di dekat terminal Wonokromo. Tidak perlu masuk dan membeli tiket, karena terletak di pinggir jalan. Satu lagi patung Suro-Boyo yang bagus untuk difoto malam hari adalah yang dibangun di Skate Park dekat Monumen Kapal Selam.

Suramadu bridge

Jembatan Suramadu


Sejak dibangun beberapa tahun lalu, jembatan ini juga jadi ikon baik itu untuk Surabaya maupun Madura. Pada malam hari, pencahayaannya sangat bagus dan diburu oleh banyak fotografer. Memotret dari atas jembatan, tidak diperbolehkan – kecuali ada izin, jadi spot terbaiknya adalah di kaki jembatan sekitar pantai Kenjeran Surabaya.

Surabaya Heritage

Surabaya Heritage Track


House Of Sampoerna, yang juga bisa dijadikan tempat bagus untuk memotret, punya kegiatan rutin yang disebut Surabaya Heritage Tour – sebuah acara berkeliling menggunakan bis yang bentuknya mirip dengan tram yang dulu sekali digunakan sebagai kendaraan umum di Surabaya. Dengan menggunakan bis ini, peserta tur akan diajak melihat bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda sekaligus belajar sejarah Surabaya. Rute regulernya meliputi Tugu Pahlawan, PTPN XI, Kelenteng Hok Ang Kiong, Kampung Arab, Kampung Cina, Balai Pemuda, Balai Kota, dan Gedung Cak Durasim. Kamu hanya perlu mendaftar, lalu ikut tur-nya. Gratis!

Tips :
kalau waktu memotret dirasa kurang leluasa, kamu bisa manfaatkan tur ini untuk mencatatat tempat-tempat yang dilalui – terutama bagi mereka yang dari luar kota dan belum familiar dengan Surabaya – untuk dikunjungi lagi sendiri pada saat cahaya sedang bagus.

Kenjeran

snapshot12

Selain pantai, komplek Kenjeran juga punya banyak spot menarik untuk difoto dan dijadikan tempat berfoto. Ada arena bekas pacuan kuda yang luas, taman bermain, anjungan yang menjorok ke laut, dan yang istimewa adalah tempat peribadatan umat Buddha dengan patung-patung dan arsitektur yang indah. Ada yang pelatarannya terbuka untuk umum hingga sore, dan bagus sekali untuk difoto menjelang matahari terbenam.

Monumen Pelangi

Mejikuhibiniu
Letaknya di belokan dekat pabrik kulit setelah Jalan Ahmad Yani. Taman umum ini punya monumen yang pada malam hari disinari lampu warna-warni hingga menyerupai deretan pelangi. Pada siang hari, tidak terlalu istimewa untuk diabadikan.


Kebun Raya Purwodadi

Ini sebenarnya ‘melenceng’ dari peta Surabaya karena letaknya sudah di luar kota, tapi saya merasa perlu mencatatkan ini karena tempatnya sangat indah. Kebun raaya ini bisa ditemui dalam perjalanan menuju Malang. Tempatnya sangat luas, sangat hijau, dan ideal untuk berfoto. Ada danau, kolam, jembatan, pepohonan rindang yang cantik saat golden hour, dan banyak sekali yang bisa dieksplore, baik itu untuk landscape, human interest, macro, candid, portrait.

Cityscape

Dengan banyaknya gedung perbelanjaan di Surabaya yang dilengkapi tempat parkir bertingkat, memotret keindahan kota dari atas tidak akan sulit. Kamu bisa coba rooftop Tunjungan Plaza, atau tempat parkir L2 di BG Junction untuk memotret Tugu Pahlawan yang bersebelahan dengan Jembatan Suramadu.

Street Photography

Ini bisa dilakukan di mana saja di Surabaya, seperti juga di kota-kota lain. Tapi kalau kamu mau objek yang menarik, coba ke Pacar Kembang, Jalan Urip Sumoharjo, Ampel, atau kampung Cina di seputar Pecindilan.


SUMBER 

Ditulis Oleh : Unknown // 13.35
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar