Selasa, 25 Juni 2013

Tempat-Tempat Bagus Untuk Hunting : #3 – Yogya

Setelah dari Surabaya dan Bandung, hari ini kita akan mengunjungi Jogja untuk melihat-lihat ‘harta’ fotografis-nya. Untuk yang sudah sering berkunjung ke Jogja atau malah tinggal di kota ini, beberapa spot berikut pasti sudah tidak asing lagi.

1. Benteng Vredeburg

Bangunan peninggalan Belanda ini dicari karena arsitekturnya dan dimanfaatkan fotografer untuk keperluan portrait dan pre-wedding. Beralamat di Jl.A.Yani No.6, benteng yang juga memiliki museum ini buka dari Selasa hingga Minggu, Senin tutup. Harga tiket masuknya Rp.750 dan kadang-kadang ada pagelaran seni budaya juga di ruang pertunjukannya.

3. Keraton

Jogja tentu identik dengan Keraton. Tempat tinggal raja ini ada di Jl.Rotowijayan 1 dan sehari-hari masih digunakan untuk aktivitas kerajaan dan budaya yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung. Ada jam-jam dimana gamelan dibunyikan dan abdi dalem melagukan tembang. Sangat indah untuk diabadikan. Tiket masuknya hanya Rp.5000 plus Rp.1000 untuk ijin kamera dan video.

2. Taman Sari

taman sari
Taman Sari


Ini adalah rangkaian dari Keraton Jogja dan terletak 500 meter di Selatan istana. Bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat pemandian dan pertunjukan tari yang ditujukan hanya untuk Sultan. Istana air yang arsitekturnya megah dan indah ini punya banyak ruang dan lorong yang sangat cantik untuk difoto dengan memanfaatkan cahaya yang masuk lewat jendela dan celah terbukanya.

3. Sumur Gumuling
Underground Mosque
Sumur gumuling



Kamu pasti sudah pernah melihat sumur ini di TV, video klip, dan foto-foto. Sumur yang masih berhubungan dengan Taman Sari ini dikelilingi lorong bertingkat dan terbuka di bagian atasnya dengan beberapa tingkap tangga. Tempat ini sering dimanfaatkan pula oleh mahasiswa fotografi untuk belajar lighting.

4. Pasar Burung Ngasem

Kalau kamu suka street photography, ini tempat yang cocok untuk kamu. Selain Malioboro yang sudah sangat terkenal itu, pasar yang satu ini menawarkan pemandangan yang unik. Kamu akan melewati tempat ini dalam perjalanan ke Taman Sari. Jalan-jalan sempit yang bersih dengan banyak sekali sarang burung warna-warni bergantungan tampak artistik. Saat kamu naik ke bagian atas pasar ini, view kota Jogja dari ketinggian akan terbuka untuk diabadikan sebagai cityscape yang indah.

5. Kotagede

Ini adalah desa kecil yang juga menyimpan sisa Kerajaan Mataram. Kamu bisa menemukan Masjid Kotagede, rumah-rumah dengan arsitektur Jawa, sisa benteng, pasar, dan makam pendiri kerajaan di dalamnya. Banyak sekali yang bisa dijadikan objek fotografi disini, tapi karena ini adalah lingkungan berpenduduk, sebaiknya tetap jaga tata krama saat kamu memotret di lingkungan ini.

6. Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo



Ini adalah padang pasir a la Jogja yang mungkin sudah kamu lihat di video klip Paralyzed-nya Agnes Monica. Tidak perlu jauh-jauh untuk mengabadikan alur-alur pasir sampai ke Sahara, cukup ke Pantai Parangkusumo, Bantul yang terletak 30km dari pusat Kota Jogja ini. Dari lokasi ini, kamu juga dekat dengan Pantai Parangtritis. Datanglah menjelang matahari terbenam untuk mendapatkan view yang luar biasa indahnya.

7. Candi

Ke Jogja tanpa memotret di Borobudur? Kurang afdol. Selain candi terbesar ini, kamu juga bisa mengunjungi candi-candi lain seperti Prambanan, Candi Ijo, Istana Ratu Boko, Candi Sambisari, Candi Plaosan, dan Candi Mendut. Masing-masing candi punya keindahan dan kekhususannya sendiri yang pasti akan membuat kamu memotret banyak-banyak. Selain tentunya arsitektur, ajaklah seorang teman yang suka difoto untuk membuat portrait yang indah disini.

8. Ketep Pass
Merapi view from Ketep Pass
Ketep Pass



Dari Candi Borobudur, kamu bisa meneruskan perjalanan sejauh 30km ke arah Magelang menuju Ketep Pass yang terletak di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Dari ketinggian 1200 mdpl, kamu bisa mengabadikan landscape yang sangat indah. Dari atas sini, kamu akan melihat lima gunung yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Bila hari sedang cerah, kamu bisa melihat semua sekaligus memotretnya. Udaranya sejuk khas pegunungan dan tenang.

9. Pantai Sundak
Pantai Sundak
Pantai Sundak



Pantai ini karakternya berbeda dari Parangtritis yang pasirnya gelap. Disini kamu bisa menemukan pasir yang putih. Terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Pantai Sundak adalah satu dari jajaran pantai selatan seperti Kukup, Krakal, Drini, Sepanjang, dan Baron. Sundah juga disebut-sebut sebagai tempat yang ideal untuk memotret sunset dan sunrise.

SUMBER 

Ditulis Oleh : Unknown // 13.44
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar