Selasa, 25 Juni 2013

Tutorial Photoshop : Memberi Sentuhan Edgy Pada Portrait (Basic)

Sekarang saya akan menunjukkan manfaat filter ini untuk membuat portrait tampak lebih kuat dan berkarakter. Begini contoh hasil ‘sebelum dan sesudah’ yang akan kita buat:
comparison
1. Buka foto di Photoshop

original

Saya menggunakan stock photo dari stock free images ini karena saya pikir akan cocok untuk ‘menajamkan’ karakter anak laki-laki ini dengan grafiti di belakangnya dan kulitnya yang punya spreckles.

2. Duplicate Layer

davehill1

Di window Layers, klik kanan layer background, lalu pilih ‘Duplicate Layer’
3. High Pass Filter

davehill2

Pada layer ‘Background Copy’, masukkan filter melalui Filter > Other > High Pass. Angka yang akan dimasukkan sangat relatif, tergantung pada besarnya ukuran foto yang kamu kerjakan. Foto saya ukurannya 800×600, jadi saya masukkan angka 2.0 agar tidak terlalu kasar hasilnya. Setelah pas, klik OK.

4. Ganti Blending Mode

davehill3

Ganti blending mode pada layer ‘Background copy’ ke ‘Vivid Light’. Setelah itu satukan semua layer lewat Layer > Flatten Image.

5. Duplicate Layer & High Pass

davehill4

Sekali lagi, gandakan background seperti pada langkah 1. Lalu masukkan lagi filter di ‘Background copy’ seperti pada langkah 2, tapi sekarang angkanya lebih tinggi dari yang pertama. Untuk foto saya, naik dua angka ke 4.0. Klik OK setelah pas.

6. Ganti Blending Mode & Opacity

davehill5

Sekarang ganti blending mode pada layer ‘Background copy’ ke ‘Color’, lalu kurangi Opacity ke 40%.
Satukan semua layer lewat Layer > Flatten Image.

7. Selesai!

final

Portrait edgy-mu sudah jadi. Warna berkurang, tekstur lebih nampak, kontras naik. Hasilnya, foto yang lebih ‘keras’ dan berani. Kamu bisa eksplorasi efek ini lebih lanjut. Mungkin mengurangi saturation untuk menghilangkan tumpukan warna, mengganti blending mode, menambah gradient map, dan sebagainya.

Ditulis Oleh : Unknown // 13.24
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar